AIR DAN TUBUH

15 03 2008

Selain oksigen, air adalah komponen terpenting yang dibutuhkan tubuh. Air berfungsi untuk mengatur suhu tubuh, membantu pencernaan dan proses kimia tubuh, membuang kotoran, melancarkan persendian, dan menyalurkan nutrisi ke sel sel tubuh.
Demikian pentingnya air, tubuh kita lebih bisa bertahan tanpa makanan daripada tanpa air.
Rata-rata, tubuh kita mengandung sekitar 60% air. Dari otak, otot, dan kulit yang mengandung sekitar 75% air sampai ke tulang yang mengandung sekitar 20% air.
Karena itu, sudah sewajarnya kita memperhatikan quality dan quantity air yang kita minum.
Untuk berfungsi dengan baik, tubuh memerlukan sekitar 2 liter air setiap hari, tergantung dari berat badan dan aktivitas yang dilakukan. Minumlah secara berkala sekitar 1 gelas air setiap jamnya. Jangan menggunakan rasa haus sebagai tanda untuk minum karena pada saat itu tubuh sudah benar benar kekurangan air.
Juga, minimalkan minuman yang mengandung kafein (kopi, teh, soft-drinks) dan alkohol karena minuman tersebut bersifat diuretic, yaitu mengeluarkan lebih banyak air dari tubuh daripada memasukan. Sehingga pada akhirnya, tubuh akan menjadi lebih haus dari sebelumnya.
Sedangkan untuk quality, minumlah air yang semurni mungkin. Air yang murni dengan sendirinya bebas dari zat-zat lain, termasuk mineral. Tetapi jangan dirisaukan karena kemurnian air jauh lebih penting dari mineralnya. Semua ahli nutrisi (termasuk World Health Organization) akan mengkonfirmasi bahwa sumber utama mineral tubuh kita datangnya dari sayuran dan buah-buahan yang kita makan dan bukan dari air minum. Demikian pula jenisnya, mineral yang terkandung di dalam sayur dan buah lebih cocok untuk tubuh manusia dibandingkan mineral yang berasal dari air tanah (organik vs. anorganik).
Bila kebutuhan air tubuh kita tidak dipenuhi, maka sedikit demi sedikit masalah kesehatan akan mulai muncul. Mulai dari rasa lelah (fatigue) dan sakit kepala, sampai yang parah seperti batu ginjal.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: